TAUBAT




HADIS TENTANG TAUBAT

 

التائب من الذنب كمن لا ذنب له[1].

Orang yang bertaubat atas dosa-dosanya maka tidak ada dosa baginya

حدثنا أحمد بن سعيد الدارمي حدثنا محمد بن عبد الله الرقاشي حدثنا وهيب ابن خالد حدثنا معمر عن عبد الكريم عن أبي عبيدة بن عبد الله عن أبيه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم التائب من الذنب كمن لا ذنب له

 

a.      Pembahasan;

Al-Bani telah mentahqik hadits ini, ia menilai bahwa hadits ini hasan dhaif tahta haditsihi [2]. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan at-Thabrani, keduanya bersumber dari Abi Ubaidah bin Abdullah bin Mas’ud dari Ayahnya. at-Thabrani meriwayat hadits ini dari jalur rawi yang sahih. Hadits ini juga mempunyai jalur lain yang bersumber dari Abdullah bin Mas’ud, dinilai Hasan li ghairihi[3] Dengan redaksi hadits;

عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال التائب من الذنب كمن لا ذنب له

Dalam syarah Ibnu Majah dijelaskanbahwa jalur sanad dan rijal hadits ini sahih, dan didalam Makhasidul al-Hasanah hadits ini diriwayatkan oleh  Ibnu Majah, Thabrani dalam al-Kabir dan Baihaqi dalam Subul Iman meriwayatkan dari jalur Ubaiddah bin Abdullah, dan  diriwayatkan dengan rijal-rijal yang tsiqat. Yang menjadi alasan  guruku menghasankan hadits ini disebakan oleh terdapatnya syahid. Dalam riwayat ini, Abu Ubaiddah menerima hadits tidak hanya dari satu orang namun tida diketahui, yang jelas Ubaidah tidak menerima hadits dari Abdull Rahman (thabakah sahabat).

b.      Kesimpulan;

Al-Bani menilai hadits ini hasan untuk hadits yang bersumber dari Ibnu Mas'ud dan Abi Sy'id sedangkan Untuk hadits yang bersumber dari Ibnu Abas dan Anas dinilai dhaif. Ibnu Majah memasukan hadits ini dalam kitabnya meski dinilai munqati karna ada salah satu sanad yang hilang namun  sanad lainya tsiqat.

Meskipun khusus hadis ini dinilai dhaif oleh al-Bani, namun  Allah SWT  menganjurkan hambanya agar senantiasa bertaubat, dan banyak hadis-hadis yang shahih yang menjelaskan keutamaan taubat.



[1]. Lihat misalnya; dalam Kanju al-Amal hadits yang mataya demikian terdapat banyak riwayat dan lafad yang berbeda-beda yang diantaranya adalah;

التائب من الذنب كمن لا ذنب له (ه عن ابن مسعود) (والحكيم عن أبي سعيد)

Dalam kitab Shahih wa daif al-jami al-shagir untuk hadits Ibnu Majah yang bersumber dari Ibnu Mas’ud dan Hakim yang bersumber dari Abi Sa’id telah ditahqik oleh al-Bani dengan kualitas Hasan lihat hadits 3008 dalam Shahih al-Jami.

التائب من الذنب كمن لا ذنب له ، وإذا أحب الله عبدا لم يضره ذنب(القشيري في الرسالة وابن النجار عن أنس)

Hadits ini bersumber dari Kusairi dalam kitab al-Risalah dan  Ibnu Najar yang bersumber dari Anas, Al-Bani menilai dha’if, lihat hadits no. 2497 dalam kitab Dha’if al-Jami.

التائب من الذنب كمن لا ذنب له ، والمستغفر من الذنب وهو مقيم عليه كالمستهزئ بربه ، ومن آذى مسلما كان عليه من الذنوب مثل منابت النخل(هب وابن عساكر عن ابن عباس).

Diriwayatkan oleh Baihaqi dari Ibnu Kasair yang bersumber dari Ibnu Abas, al-Bani mentahqik hadits ini dengan menila dha’if (lihat hadits no. 2498 dalam kitab Dha’if al-Jami)

الندم توبة و التائب من الذنب كمن لا ذنب له .

Diriwayatkan Thabrani dan Abu Nu’aym yang bersumber dari  Abu Sa’id al-Ansori al-Bani menilai hasan (lihat hadits no. 6803 dalam kitab Dha’if al-Jami). Lihat; Shahih wa dhaif jami shagir 5319/12/266

[2]. Lihat;  Shahih wa dhaif sunan Ibnu Majah 4250/9/250.

[3]. Lihat; Dhaif wa Maudhu Targib wa ta-Tarhib.

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَعِيدٍ الدَّارِمِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الرَّقَاشِيُّ حَدَّثَنَا وُهَيْبُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ عَبْدِ الْكَرِيمِ عَنْ أَبِي عُبَيْدَةَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ التَّائِبُ مِنْ الذَّنْبِ كَمَنْ لَا ذَنْبَ لَهُ

Dalam syarah Ibnu Majah dikatakan:

ذكره صاحب الزوائد في زوائده وقال إسناده صحيح رجاله ثقات ثم ضرب على ما قال وأبقى الحديث على الحال وفي المقاصد الحسنة رواه ابن ماجه والطبراني في الكبير والبيهقي في الشعب من طريق أبي عبيد بن عبد الله بن مسعود عن أبيه رفعه ورجاله ثقات بل حسنه شيخنا يعني لشواهده وإلا فأبو عبيدة جزم غير واحد بأنه لم يسع من أبيه

Bahwa jalur sanad dan rijal hadits ini sahih, dan didalam Makhasid Hasanah hadits ini diriwayatkan oleh  Ibnu Majah, Thabrani dalam al-Kabir dan Baihaqi dalam Subul Iman meriwayatkan dari jalur Ubaiddah bin Abdullah, dan  diriwayatkan dengan rijal-rijal yang tsiqat. Yang menjadi alasan  guruku menghasankan hadits ini disebakan oleh terdapatnya syahid. Dalam riwayat ini, Abu Ubaiddah menerima hadits tidak hanya dari satu orang namun tida diketahui, yang jelas Ubaidah tidak menerima hadits dari Abdull Rahman (thabakah sahabat).  thabaqah Tabiin Lihat; CD Kutubu Tis'ah 4240.

0 Response to "TAUBAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel