TAUBAT
HADIS TENTANG TAUBAT
التائب من الذنب كمن لا ذنب له[1].
Orang yang bertaubat atas
dosa-dosanya maka tidak ada dosa baginya
حدثنا
أحمد بن سعيد الدارمي حدثنا محمد بن عبد الله الرقاشي حدثنا وهيب ابن خالد حدثنا
معمر عن عبد الكريم عن أبي عبيدة بن عبد الله عن أبيه قال قال رسول الله صلى الله
عليه وسلم التائب من الذنب كمن لا ذنب له
a.
Pembahasan;
Al-Bani telah mentahqik hadits
ini, ia menilai bahwa hadits ini hasan dhaif tahta haditsihi [2].
Hadits ini juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah
dan at-Thabrani, keduanya bersumber dari Abi Ubaidah bin Abdullah bin Mas’ud
dari Ayahnya. at-Thabrani meriwayat hadits ini dari jalur rawi yang sahih.
Hadits ini juga mempunyai jalur lain yang bersumber dari Abdullah bin Mas’ud,
dinilai Hasan li ghairihi[3]
Dengan redaksi hadits;
عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال التائب من الذنب كمن لا ذنب له
Dalam syarah Ibnu
Majah dijelaskanbahwa jalur sanad dan rijal hadits ini sahih, dan didalam Makhasidul
al-Hasanah hadits ini diriwayatkan oleh
Ibnu Majah, Thabrani dalam al-Kabir dan Baihaqi dalam Subul Iman
meriwayatkan dari jalur Ubaiddah bin Abdullah, dan diriwayatkan dengan rijal-rijal yang tsiqat.
Yang menjadi alasan guruku menghasankan
hadits ini disebakan oleh terdapatnya syahid. Dalam riwayat ini, Abu Ubaiddah
menerima hadits tidak hanya dari satu orang namun tida diketahui, yang jelas
Ubaidah tidak menerima hadits dari Abdull Rahman (thabakah sahabat).
b.
Kesimpulan;
Al-Bani menilai hadits ini hasan untuk hadits yang
bersumber dari Ibnu Mas'ud dan Abi Sy'id sedangkan Untuk hadits yang bersumber
dari Ibnu Abas dan Anas dinilai dhaif. Ibnu Majah memasukan hadits ini dalam
kitabnya meski dinilai munqati karna ada salah satu sanad yang hilang
namun sanad lainya tsiqat.
Meskipun khusus hadis ini dinilai dhaif oleh al-Bani, namun Allah SWT menganjurkan hambanya agar senantiasa bertaubat, dan banyak hadis-hadis yang shahih yang menjelaskan keutamaan taubat.
[1]. Lihat misalnya; dalam
Kanju al-Amal hadits yang mataya
demikian terdapat banyak riwayat dan lafad yang berbeda-beda yang diantaranya
adalah;
التائب من الذنب كمن لا ذنب له (ه عن ابن مسعود) (والحكيم عن أبي
سعيد)
Dalam kitab Shahih wa daif al-jami al-shagir untuk hadits Ibnu Majah yang
bersumber dari Ibnu Mas’ud dan Hakim yang bersumber dari Abi Sa’id telah
ditahqik oleh al-Bani dengan kualitas Hasan lihat hadits 3008 dalam Shahih
al-Jami.
التائب من الذنب كمن لا ذنب له ، وإذا أحب الله عبدا لم يضره
ذنب(القشيري في الرسالة وابن النجار عن أنس)
Hadits ini bersumber dari Kusairi dalam
kitab al-Risalah dan Ibnu Najar yang bersumber dari Anas, Al-Bani
menilai dha’if, lihat hadits no. 2497 dalam kitab Dha’if al-Jami.
التائب من الذنب كمن لا
ذنب له ، والمستغفر من الذنب وهو مقيم عليه كالمستهزئ بربه ، ومن آذى مسلما كان
عليه من الذنوب مثل منابت النخل(هب وابن عساكر عن ابن عباس).
Diriwayatkan oleh Baihaqi dari Ibnu Kasair
yang bersumber dari Ibnu Abas, al-Bani mentahqik hadits ini dengan menila
dha’if (lihat hadits no. 2498 dalam kitab Dha’if al-Jami)
الندم توبة و التائب من الذنب كمن لا ذنب له .
Diriwayatkan Thabrani dan Abu Nu’aym yang
bersumber dari Abu Sa’id al-Ansori
al-Bani menilai hasan (lihat hadits no. 6803 dalam kitab Dha’if al-Jami). Lihat; Shahih wa dhaif jami shagir 5319/12/266
[2]. Lihat;
Shahih wa dhaif sunan Ibnu Majah
4250/9/250.
[3]. Lihat; Dhaif wa
Maudhu Targib wa ta-Tarhib.
حَدَّثَنَا
أَحْمَدُ بْنُ سَعِيدٍ الدَّارِمِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ
الرَّقَاشِيُّ حَدَّثَنَا وُهَيْبُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ عَبْدِ
الْكَرِيمِ عَنْ أَبِي عُبَيْدَةَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ التَّائِبُ مِنْ الذَّنْبِ
كَمَنْ لَا ذَنْبَ لَهُ
Dalam syarah Ibnu Majah dikatakan:
ذكره
صاحب الزوائد في زوائده وقال إسناده صحيح رجاله ثقات ثم ضرب على ما قال وأبقى
الحديث على الحال وفي المقاصد الحسنة رواه ابن ماجه والطبراني في الكبير والبيهقي
في الشعب من طريق أبي عبيد بن عبد الله بن مسعود عن أبيه رفعه ورجاله ثقات بل حسنه
شيخنا يعني لشواهده وإلا فأبو عبيدة جزم غير واحد بأنه لم يسع من أبيه
Bahwa jalur sanad dan rijal hadits ini sahih, dan didalam Makhasid
Hasanah hadits ini diriwayatkan oleh
Ibnu Majah, Thabrani dalam al-Kabir dan Baihaqi dalam Subul Iman
meriwayatkan dari jalur Ubaiddah bin Abdullah, dan diriwayatkan dengan rijal-rijal yang tsiqat.
Yang menjadi alasan guruku menghasankan
hadits ini disebakan oleh terdapatnya syahid. Dalam riwayat ini, Abu Ubaiddah
menerima hadits tidak hanya dari satu orang namun tida diketahui, yang jelas
Ubaidah tidak menerima hadits dari Abdull Rahman (thabakah sahabat). thabaqah Tabiin Lihat; CD Kutubu Tis'ah 4240.
0 Response to "TAUBAT"
Post a Comment