Manajemen Ekonomi Tasawuf
A. Pengertian Manajemen Ekonomi Tasawuf
Manajemen ekonomi tasawuf adalah penggabungan antara dua metode dalam menjalankan aktifitas ekonomi antara ikhtiar lahiriah berupa manajemen profesional dan ikhtiar batiniyah berupa manajemen ilahiyah.
B. Macam-macam Manajemen Ekonomi Tasawuf
1. Manajemen Ilahiyah
Manajemen Ilahiyah adalah prosis pendekatan diri kepada Sang Pencipta Yang mempunyai sifat al-Ghani (Maha Kaya), al-Razaq (Maha Pemberi Rizki). Dengan cara mengamalkan perintahnya dan menjauhi laranganya, selalu mensucikan dirinya dengan cara takhali dan menghiasi diri dengan proses tahali. Proses tersebut dilakukan untuk mendidiknya supaya tidak terbuai oleh godaan duniawi. Dalam ajaran tasawuf dunia dipandang hanya kulit luar, tidak boleh dimasukan kedalam hati.
2. Manajemen Profesional
Manajemen Profesional adalah proses penerapan kegiatan ekonomi dengan cara profesionalitas. Profesional disini mencakuk seluruh aspek kegiatan ekonomi, seperti pengelolaan keuanga yang baik, sarana dan prasarana yg memadai, penempatan jabatan dan kariyawan disesuaikan dengan keahlian dan prestasi kerja dsb.
3. Manajemen Manfaat (Semangat Memberi Manfaat)
Manajemen Manfaat adalah semangan memberi manfaat kepada orang lain, sejauh mana produk kita dan perusahaan kita dapat bermanfaat bagi orang lain. Memberi manfaat kepada orang lain bisa diwujudkan berupa infaq, sedekah dan zakat atau kegiatan amal shaleh lainnya.
0 Response to "Manajemen Ekonomi Tasawuf"
Post a Comment