Ikan Hias Mewah Pesantren Attarbiyyah



Ponpes Attarbiyyah; adalah salah satu Pondok Pesantren di Sumedang, tepatnya di kaki gunung Tampomas, Desa Licin, Kecamatan Cimalaka. Pesantren ini didirikan oleh seorang kyai karismatik KH. Afief Abdulatif M.Ag,. Selain sebagai lembaga pendidikan keagamaan, Pesantren ini juga bergerak di bidang perikanan, terutama ikan hias jenis  oranda kualitas kontes.

Menurut penuturan Ketua Yayasan Ponpes Attarbiyyah, KH. Hamid Afandi, yang menjadi alasan ikan hiasa menjadi sektor usaha unggulan di Pesantren ini adalah, [1] ikan hias terutama jenis koki tidak memerlukan tempat yang luas, sehingga dapat dikembangkan sekalipun di halamanah rumah. [2] nilai ekonomis ikan hias sangat tinggi terutama pada jenis-jenis tertentu yg mempunyai spek bagus, bisa sampai jutaan rupia. [3] ikan hias dijual satuan, berbeda dengan ikan konsumsi yang dijual kiloan, ini menguntungkan bagi pembudidaya yang hanya memelihara ikan dan lahan terbatas.

KH Hamid, menegaskan bahwa di zaman sekarang ini Pesantren sudah saatnya berbenah, khususnya bidang ekonomi, semua sektor usaha harus dikuasai oleh santri. Pada dasarnya santri itu sudah mempunyai menejemen ilahiyah yang bagus, tinggal mengarahkannya menjadi santri yang profesional, baik dalam bidang ekonomi, pertanian, perikanan, pendidikan, birokrasi, dsb. 

Namun bukan berarti meninggalkan "ruh" dan fungsi dari pesantren itu sendiri. Karena semenjak dulu sampai sekarang ruh dari pesantren itu "ngaji, ngajar, ngamalken elmu kalawan ikhlas", tanpa mengharapkan imbalan apapun, " estuning karena Allah.", tutur Embah Hamid. Untuk itu di Pesantren Atarbiyyah, khusus bidang pendidikan mengembangkan metode salafi dan moderen. Santri harus bisa ngaji dalam kurun waktu yang tidak begitu lama dan harus bisa mengembangkan potensi diri. Untuk itu Pesantren ini menyediakan beberapa bidang unit usaha dan bisnis, seperti perikanan, peternakan, pertanian, perdagangan dan usaha-usaha lainnya.

Alhamdulillah, khususnya ikan hias jenis Oranda Pesantren kami telah memenangkan beberapa kontes, salah satunya mendapat juara satu piala Gubernur Jawa Barat.

Untuk siapa saja yang mau belajar ikan hias terutama jenis ikan hias koki oranda dan koi, Pesantren kami terbuka untuk umum, yang mau memperdalam budidaya dan bisnis ikan hias; monggo..., tutur 'KH Hamid.


0 Response to " Ikan Hias Mewah Pesantren Attarbiyyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel