Masa Pemerintahan Khulafaur Rasyidin
khilafah
RINGKASAN PEMERINTAHAN KULAFA
RASYIDAH
A.
ABU BAKAR (632-634M)
1. Sistem
pemerintahan
Masa
pemerintahan dua tahun, sistem pememerintahan bersipat sentral; legislatif ,
eksekutif, dan yudikatif terpusan ditangan khalifah.
2.
Gejolak
politik
Penyelesaian
pemberotakan suku-suku Arab yang tdk tunduk kepada pemerintahan Madinah. Cara
penyelesaian; mengutus Khalid bin al-Walid dalam perang riddah.
3.
Perluasan
wilayah
Iraq (al-Hirah)
oleh Khalid bin al-Walid, Syiria oleh Abu Ubaidah, Amr ibn Ash, Yazid ibn
Sufyan, Syurahbil , yang sebelumnya dipimpin oleh Usamah dalam usia 18 tahun,
kemudian Khalid bin al-Walid menyusul.
4.
Perkembangan
Perluasan
wilayah, pendidikan kutab, qur’an, hadis, tafsir, fiqih , pembangunan sarana
ibadah, pengumpulan naskah al-Qur’an oleh Zait ibn Tsabit.
B.
Umar
ibn Khatab (634-644)
1.
Sistem
pemerintahan
Telah terjadi
pemisahan antara lembaga yudikatif (pengadilan) dan eksekutif, pembentukan
jawatan kepolisian, pekerja umum, bait al-mal, mata uang, tahun hijrah.
2.
Perluasan
wilayah
Mesir oleh Amr ibn Ash, Iran Sa’ad bin Abi Waqqash,
wilayah kekuasan islam pada masa beliau; Jazirah Arab, Palestin, Syria, Persia,
Mesir.
3.
Gejolak
politik
Pembunuhan Umar
oleh budak Persia bernama Abu Lu’lu’ah
4.
Perkembangan
Perluasan
wilayah, pendidikan kutab, qur’an, hadis, tafsir, fiqih ,syair, pembangunan sarana ibadah, keterampilan memanah, menunggang unta,
berenang, menghafal. Pengiriman Abd al-Rahman ibn Ma’qad dan Imran ibn Hashim
ke- Basyrah, Abd al-Rahman ibn Ghannam ke- Syiria dan Hasan ibn Abi Jabalah ke-
Mesir.
C.
Usman
ibn Affan (634-656)
1.
Sistem
pemerintahan
Jabatan-jabatan
penting pemerintahan dipegang oleh keluarga terutama Marwah ibn Hakam.
2.
Perluasan
wilayah
Armenia,
Tunisia, Cyprus, Rhodes, Pesria, Transoxania, Tabaristan.
3.
Gejolak
Politik
Kekecewaan
masyarakat karna pemerintahan yg bersipat nepotisme, dimana jabatan-jabatan
penting dipegang oleh keluarga dan pemborosan harta Negara. Mengakitabkan
terbununya beliau oleh kaum pemberontak. Tangga 35H/655M Usman wafat.
4.
Perkembanga
Perkembangan
pendidikan lebih merakyat, tidak terpokus di Madinah, kodifikasi al-Quran,
mushaf usmani, pembangunan bendungan, perlusan jembatan, masjid.
D.
Ali ibn Abi Thalib (656-661)
1.
Sistem
pemerintahan
Memecat gubernur yang diangkat oleh
Usman, menerapkan kembali sistem distribusi pajak tahunan Umar.
2.
Sistem
pemerintahan
Tidak ada perluasan wilayah, pokus
kepada setabilitas nasional
3.
Gejolak
Politik
Menghadapi pemberontakan Thalhah,
Zubair, Aisyah, dikenal sebagai perang jalam. Perlawanan gubernur
Damaskus, Mu’awiyah didukung oleh pejabat-pejabat yang kecewa pada Ali, dikenal
sebagai perang Shiffin, diakhiri dengan tahkim (arbitrasi), tetapi tahkim
bermasalah yang mengakibatkan orang ketiga yaitu khawarij. Pada tanggal 20
ramadhan 40H (660M) Ali terbunuh oleh salah satu anggota khawarij.
Alasan khawarij melakukan agresi
militer diantaranya keliru dalam memahami ayat ini;
وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ
فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ
- Hadis-hadis yang menjelaskan kedudukan khulafau Rasyidun
وافضل الصحابة الخلفاء الراشدون المهديون أبوبكر ثم عمر ثم عثمان ثم علي
رضي الله عنهم أجمعين.
وَرَوَاهُ
الْبَزَّارُ فِي مُسْنَدِهِ : حَدَّثَنَا رِزْقُ الله بْنُ مُوسَى ، حَدَّثَنَا
مُؤَمَّلٌ ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُمْهَانَ ،
عَنْ سَفِينَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ ، أَنَّ رَجُلاً ، قَالَ لِرَسُولِ الله صَلَّى
الله عَلَيه وسَلَّم : رَأَيْتُ كَأَنَّ مِيزَانًا دُلِيَ مِنَ السَّمَاءِ ،
فَوُزِنَتْ بأَبِي بَكْرٍ فَرَجَحْتَ بِأَبِي بَكْرٍ ، ثُمَّ وُزِنَ أَبُو بَكْرٍ
بِعُمَرَ ، فَرَجَحَ أَبُو بَكْرٍ ، ثُمَّ وُزِنَ عُمَرُ بِعُثْمَانَ ، فَرَجَحَ
عُمَرُ ، ثُمَّ رُفِعَ الْمِيزَانُ ، فَاسْتَهَلَّهَا رَسُولُ الله صَلَّى الله
عَلَيه وسَلَّم خِلاَفَةَ نُبُوَّةٍ ، ثُمَّ يُؤْتِي الله الْمُلْكَ مَنْ يَشَاءُ.
هَذَا إِسْنَادٌ صَحِيحٌ .
قَالَ أَبُو يَعْلَى الْمَوْصِلِيُّ :
وَحَدَّثَنَا أبو بَهْزُ بْنُ الصَّقْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ بِنْتِ
مَالِكِ بْنِ مِغْوَلٍ ، قَالَ : حَدَّثَنَا عَبْدُ الله بْنُ إِدْرِيسَ ، عَنِ
الْمُخْتَارِ بْنِ فُلْفُلٍ ، عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ الله عَنْهُ ، قَالَ : جَاءَ
النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم فَدَخَلَ إِلَى بُسْتَانٍ ، فَجَاءَ آتٍ
فَدَقَّ الْبَابَ ، فَقَالَ : يَا أَنَسُ ، قُمْ فَافْتَحْ لَهُ وَبِشِّرْهُ
بِالْجَنَّةِ ، وَبَشِّرْهُ بِالْخِلاَفَةِ مِنْ بَعْدِي ، قَالَ : قُلْتُ : يَا
رَسُولَ الله ، أُعْلِمُهُ ؟ قَالَ : أَعْلِمْهُ ، فَإِذَا أَبُو بَكْرٍ ، قُلْتُ
: أَبْشِرْ بِالْجَنَّةِ ، وَأَبْشِرْ بِالْخِلاَفَةِ مِنْ بَعْدِ رَسُولِ الله
صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم ، ثُمَّ جَاءَ آتٍ فَدَقَّ الْبَابَ ، فَقَالَ : يَا
أَنَسُ ، قُمْ فَافْتَحْ لَهُ ، وَبَشِّرْهُ بِالْجَنَّةِ ، وَبِالْخِلاَفَةِ مِنْ
بَعْدِ أَبِي بَكْرٍ ، قَالَ : قُلْتُ : يَا رَسُولَ الله ، أُعْلِمُهُ ؟ قَالَ :
أَعْلِمْهُ ، قَالَ : فَخَرَجْتُ فَإِذَا عُمَرُ ، قَالَ : قُلْتُ لَهُ : أَبْشِرْ
بِالْجَنَّةِ ، وَأَبْشِرْ بِالْخِلاَفَةِ مِنْ بَعْدِ أَبِي بَكْرٍ ، قَالَ :
ثُمَّ جَاءَ آتٍ فَدَقَّ الْبَابَ ، فَقَالَ : يَا أَنَسُ ، قُمْ فَافْتَحْ لَهُ ،
وَبِشَّرْهُ بِالْجَنَّةِ ، وَبِشَّرْهُ بِالْخِلاَفَةِ مِنْ بَعْدِ عُمَرَ ،
وَأَنَّهُ مَقْتُولٌ ، قَالَ : فَخَرَجْتُ فَإِذَا عُثْمَانُ ، فَقُلْتُ لَهُ :
أَبْشِرْ بِالْجَنَّةِ وَبِالْخِلاَفَةِ مِنْ بَعْدِ عُمَرَ ، وَأَنَّكَ مَقْتُولٌ
، قَالَ : فَدَخَلَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم ، فَقَالَ لَهُ :
يَا رَسُولَ الله ، لمة وَالله مَا تَغَنَّيْتُ ، وَلاَ تَمَنَّيْتُ ، وَلاَ
مَسَسْتُ فَرْجِي مُنْذُ بَايَعْتُكَ ، قَالَ : هُوَ ذَاكَ يَا عُثْمَانُ.
قَالَ الْحَارِثُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي
أُسَامَةَ : حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ الْحِمَّانِيُّ ،
حَدَّثَنَا حَشْرَجُ بْنُ نُبَاتَةَ ، حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ جُمْهَانَ ، عَنْ
سَفِينَةَ مَوْلَى رَسُولِ الله صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم ، قَالَ : لَمَّا
بَنَى رَسُولُ الله صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم الْمَسْجِدَ ، وَضَعَ حَجَرًا ،
ثُمَّ قَالَ : لِيَضَعْ أَبُو بَكْرٍ حَجَرَهُ إِلَى جَنْبِ حَجَرِي ، ثُمَّ
لْيَضَعْ عُمَرُ حَجَرَهُ إِلَى جَنْبِ حَجَرِ أَبِي بَكْرٍ ، ثُمَّ لْيَضَعْ
عُثْمَانُ حَجَرَهُ إِلَى جَنْبِ حَجَرِ عُمَرَ ، ثُمَّ قَالَ : هَؤُلاَءِ
الْخُلَفَاءُ مِنْ بَعْدِي.[1]
0 Response to "Masa Pemerintahan Khulafaur Rasyidin"
Post a Comment