Mengatasi Susah Tidur Pada Anak

Susah Tidur

Mengatasi Susah Tidur Pada Anak; [1] Pertama-tama harus diingat, tidak ada anak yang senang pergi ke tempat tidur dengan sendirinya. Dalam anggapannya tidur adalah pemutus kenikmatan bermain dan bercanda. [2] Ibu hendaknya tidak menjadikan urusan pergi tidur menjadi ancaman atau hukuman. [3] upayakan menjadikan waktu tidur sebagai saat yang menyenangkan, misalnya dengan membacakan atau menceritakan suatu kisah sebelum tidur.

[4] Temani anak anda saat melakukan apa yang ia mesti kerjakan, seperti membaca dahulu surat al-Fatihah, surat al-Falaq, dan surat an-Nas, serta bagaimana ia menyimpan mainan kesayanganya di tempat tidur. [5] Setinglah kamar anak menjadi tempat yang nyaman agar kelihatan rapih, indah, dan menempatkan mainan-mainan favoritnya. [6] Perhitungkanlah seberapa lama kebutuhan anak untuk tidur.

[7] Upayakan mengingatkan anak anda, ketika sudah dekat saatnya tidur, supaya ia segera bersiap-siap. [8] Pertimbangkan perasaannya. Kalau perlu, biarkan pintu terbuka dan lampu menyala jika anak menginginkannya. [9] Jika anak terjaga padahal tidurnya baru sebentar, upayakan menuntunya kembali ke tempat tidur dengan lemah lembut. Jika ia haus berilah minum dan jika ia merasa takut maka tenangkanlah perasaannya dan pahamilah rasa takutnya.

[10] Upayakan agar anak pergi tidur dalam keadaan senang, tidak malah menagis tersedu-sedu. Upayakan juga anak dalam suasana yang dipenuhi  kasih sayang dan kelembutan sehingga ia bisa tidur dengan nyenyak. [11] Jangan mempergunakan kekerasan dan memaksa anak untuk tidur. Kadang-kadang perlu juga mengatur waktu tidur pada jam tertentu. 

0 Response to "Mengatasi Susah Tidur Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel