Jenis-Jenis Penelitian

JENIS-JENIS PENELITIAN

Ada empat dimensi penelitian yang dapat dibedakan;
1. Berdasarkan tujuan penelitian
2. Manfaat penelitian 
3. Waktu penelitian
4. Teknik pengumpulan data


A. BERDASARKAN TUJUAN PENELITIAN

Berdasarkan tujuan penelitian, jenis penelitian dibedakan menjadi:
1. Penelitian ekploratif. Penelitian ini juga dapat dikatakan sebagai penelitian pendahuluan dikarenakan penelitian ini mencoba menggali informasi atau permasalahan yang relatif masih baru.Gejala tersebut belum pernah menjadi bahan kajian sebelumnya.

2. Penelitian deskriptif. Tipe penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan karakter suatu variable, kelompok atau gejala sosial yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan setelah kita melakukan penelitian eksploratif.

3. Penelitian ekplanatif. Penelitian ini berupaya menjelaskan mengapa suatu fenomena atau gejala sosial dapat terjadi. Penelitian ini sering menghubungkan satu fenomena dengan fenomena yang lain. Penelitian eksplanatif ini pada dasarnya bertujuan untuk menghubungkan pola-pola yang berbeda akan tetapi memiliki keterkaitan serta menghasilkan pola hubungan sebab akibat. Menggambarkan karakter atau hubungan dua variable.

B. BERDASARKAN MANFAAT PENELITIAN

Berdasarkan manfaat penelitian, jenis penelitian dibedakan menjadi:
1. Penelitian dasar (murni). Penelitian dasar menguraikan pengetahuan yang mendasar (fundamental) mengenai dunia sosial. Penelitian ini memfokuskan pada dukungan atau penolakan sebuah teori yang menjelaskan bagaimana dunia sosial bekerja, apa yang membuat terjadinya sesuatu, mengapa hubungan sosial dapat terjadi dengan beberapa cara serta mengapa masyarakat dapat berubah. 

2. Penelitian terapan: adalah sebuah penelitian yang mencoba memberikan solusi yang lebih spesifik pada masalah-masalah kebijakan dan membantu para praktisi dalam menjalankan tugasnya.

C. BERDASARKAN WAKTU PENELITIAN

Berdasarkan waktu penelitian, jenis penelitian dibedakan menjadi:
1. Penelitian longitudinal (antar waktu). Penelitian ini dilakukan antar waktu atau penelitian satu masalah namun dilakukan dalam waktu yang berbeda. Tipe penelitian ini sering digunakan pada penelitian analisis dampak atau analisis perubahan sosial. 

2. Penelitian cross-sectional (satu waktu). Penelitian ini hanya dilakukan dalam satu waktu tertentu dengan satu focus. Waktu dalam hal ini dapat diartikan dalam satuan hari, minggu, bulan atau tahun.

D. BERDASARKAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA

Berdasarkan teknik pengumpulan data, jenis penelitian ini dibedakan menjadi:
1. Penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data yang berupa angka, atau data berupa kata-kata atau kalimat yang dikonversi menjadi data yang berbentuk angka. Data yang berbentuk angka tersebut kemudian diolah dan dianalisis untuk mendapatkan informasi ilmiah dibalik angka-angka tersebut.

2. Penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan kata-kata atau kalimat dari individu, buku, dan sumber lain. Penelitian kualitatif memiliki banyak varian, seperti grounded research, perbandingan sejarah (comparatif history), life history, analisis wacana, dan sebagainya.

0 Response to "Jenis-Jenis Penelitian "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel