5 HAL YANG HARUS DIJAGA SAAT BERPUAS

YANG HARUS DIJAGA SAAT BERPUAS


5 HAL YANG HARUS DIJAGA SAAT BERPUAS

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.

Sebagai mana firma Allah di atas, hikmah dari diwajibkannya puasa adalah agar seseorang bertaqwa, taat dan patuh terhadap apa saja yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah Saw. Lalu, bagai mana jika seseorang yang berpuasa tidak bertaqwa, masih saja melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama, seperti masih suka menggunjing orang, berkata kotor,  mendengakan gosib, pendendam, atau bahkan korupsi.

Imam al-Bajairami pernah berkata: “engkau jangan beranggapan bahwa puasa, hanya menahan diri dari makan, minum dan bersenggama saja”. Seseorang yang berpuasa harus bisa menahan anggota badannya dari prilaku yang dilarang (pendengaran, penglihatan, lisan, tangan, kakinya, dsb). Rasulullah berkata : “Allah tidak butuh puasa seseorang yang tidak bisa meninggalkan perkataan dan prilaku jelek” .

Sedikitnya ada lima hal yang harus dijaga dalam berpuasa yaitu :

1.  Melihat sesuatu yang jelek

Seseorang yang berpuasa jangan membiasakan melihat sesuatu yang jelek, seperti melihat lain jenis dengan pandangan yang takwajar sehingga menimbulkan naiknya birahi.

2.  Berkata kotor

Seseorang yang berpuasa selalu membiasakan mungucapkan kata-kata yang baik, tidak mungucapkan perkataan kotor dan kata-kata yang tdk bermanpaat.

3. Tidak mendengarkan sesuatu yang dilarang (diharamkan)  Allah

Sesuatu yang haram diucapkan maka haram didengarkan, medengarkan sesuatu yang jelek sama halnya seperti memakan makanan yang haram, sebagai mana firman Allah: “mereka mendengarkan kebohongan dan memakan harta haram”

4. Kehati-hatian dalam mengkonsumsi makana hala

Merasa cuku dengan makanan seadanya dan halal, tidak mencampur adukan antara makanan yang halal dan haram. Seseorang yang mengkonsusmsi makanan yang halal kemudian ia juga memakan makanan yang haram, ia seperti membangun sebuah gedung dan ia menghancurkan seisi kota.

5. Tidak mengumpulkan banyak makanan disaat buka puasa

Seorang yang berpuasa tidak sibuk mengurus makanan saja, apa lagi mengumpulkan makana untuk berbuka, sehingga ia lupa kepada esensi dari puasa yaitu menahan diri dari keinginan yang jelek. Mengumpulkan makana tidak wajar secara berlebihan adalah sifat rakus dan tamak, sifat ini dilarang oleh agama.


0 Response to "5 HAL YANG HARUS DIJAGA SAAT BERPUAS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel