Pentingnya Kesabaran Dalam Mendidik Anak Part-2

Anak Sholeh

Pentingnya Kesabaran Dalam Mendidik Anak Part-2; Jika anda melihat anak berbuat sesuatu yang tidak bisa diterima, anda harus memahami bahwa aibnya bukan berasal dari dirinya sebagi individu. Kesalahan yang sebenarnya terletak pada pelilaku dan tindakan anak tersebut.

Orangtua perlu mengetahui cara berkomonilkasi dengan anak dalam kelembutan-kelembutan dan sikap tegas yang berimbang. Orangtua juga harus dapat menerapkan pola interaksi secara konsisten. Orangtua tidak boleh memuji anak pada satu hari karena berbuat sesuatu, sedang hari sebelumnya anda membentaknya padahal perbuatanya sama.

Pendidikan tidak mungkin sempurna tanpa adanya kasih sanyang. Karena itu, maksimalkan kasih sayang anda kepada anka-anak anda dengan bijaksan. Memberikan kasih sayang kepada mereka bukan berarti membiarkan mereka sekehendak hatinya selama di rumah atau di sekolah. Kasih sayang Rasulullah Saw kepada para sahabatnya tidak pernah menghalangi beliau untuk menugaskan berbagai kewajiban.

Sebagai orangtua, kita tidak boleh melupakan takdir Allah. Mereka (para orangtua) mungkit telah bersungguh-sungguh mendidik anaknya, tetapi belum ada pengaruh besar bagi anak-anaknya. Para orangtua tidak perlu berputus asa dari curahan rahmat Allah SWT, harus selalu optimis dan senantiasa berdoa untuk keshalehan anak-anak kita.

Dalam satu riwayat, Rasulullah Saw pernah bersabda;
‘janganlah kalian memohon kejelekan untuk diri sendiri dan jangan pula memohon kejelekan untuk anak-anakmu.’ (H.R. Muslim)

Nabi Daud a.s. pernah memanjatkan doa;
'Ya Allah hendaknya Engkau memperlakukan anakku sebagaimana Engkau memperlakukan aku’. Kemudia Allah SWT Menurunkan wahyu kepadanya, ‘Hai Daud, katakanlah kepada anakmu supaya ia bersikap kepada-Ku sebagaimana sikapmu kepada-Ku, maka Aku akan memperlakukan sebagaimana Aku memperlakukanmu'.

Genggamlah tangan anak anda dan bawalah menuju keridhaan Allah SWT. Biarkan mereka tumbuh dalam kecintaan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Tanamkanlah ketakwaan kepada Allah SWT kedalam lubuk hatinya. Bantu mereka agar mampu berbakti kepada anda pada saat anda semakin lanjut usia.


Sember Rujukan;
DR. Hasan Syamsi Pasya, Baku Anak Sholeh, terbitan Pustaka Rahmat.

0 Response to "Pentingnya Kesabaran Dalam Mendidik Anak Part-2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel