Pentingnya Kesabaran Dalam Mendidik Anak

Anak Sholeh

Pentingnya Kesabaran Dalam Mendidik Anak; Iman al-Gazali; mengumpamakan "anak-anak kita laksana batu permata". Untuk mengukir sebuah permata tentu bukan perkara mudah, perlu keahlian dan kerja keras yang telaten. Begitu pun anak kita, untuk menjadikannya mereka cerdas berakhlak mulya maka perlu cara yang tepat agar kita bisa mengukit buah hati kita menjadi permata-permata yang indah.

Ibnu Qayyim; menegaskan pentingnya peranan keluarga dalam pendidikan, " dalam banyak kasus, kerusakan anak-anak muda disebabkan oleh kelalaian orang tuanya. Mereka tidak mengajarkan poko-poko agama dan sunah. Mereka menyia-nyiakan anaknya ketika masih kecil. Mereka tidak medapat kebaikan dari anak-anaknya, dan anaknya tidak mendapakan kebaikan dari orang tuanya ketika beranjak dewasa.
Para ahli sepakat, tahun-tahun pertama kehidupan seseorang akan sangat mempengaruhi kehidupan pada masa yang akan datang. Kesadaran anak terhadap dirinya tumbuh seiring dengan cara orang tua berinteraksi dengan mereka. 

Jika anda membuat ia menyadari kebaikan dirinya, lalu anda meyakinkan tetap mencintainya, pada anak akan terbentuk bahwa ia anak baik dan terhormat. Akan tetapi, bila anda kurang sabar, selalu mencelanya siang malam, sadar atau tidak sadar, anda telah membuatnya merasa sebagai anak yang tidak baik. Ia pun akan tumbuh dengan pola pikir yang terbentuk adalah dirinya tidak baik. Pada akhirnya perasaan ini terakumulasi menjadi gumpalan kekecewaan dan kesedihan yang akan ia tunjukan dalam bentuk perlawanan.



0 Response to "Pentingnya Kesabaran Dalam Mendidik Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel