Santri Blogger

Santri Blogger


Santri Harus Bikin "Blog"; Pesantren Almanar yang beralamat di Jalan Raya Limo Pelita No. 10 Depok, Jawa Barat ini, memang berbeda dengan pesantren pada umumnya. Head Master Pesantren Almanar Azhari, Nurcholis Suhaimi, MA mengharuskan setiap santri dan guru membiliki blog. Makanya, setiap siswa harus memiliki laptop dan semua lokasi pesantren merupakan area 'free hot spot'.

Pada awalnya kebijakan pesantren tersebut mendapat penentangan dari sejumlah orang tua murid. Para orang tua khawatir, anak mereka justru menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak baik. Kita tegaskan, pesantren akan mencetak santri yang ahli membuat virus dan membobol passward, tapi mempunyai moralitas tinggi.

Hal ini tentu sejalan dengan visi besar Pesantren Almanar Azhari; menjadikan lembaga pendidikan yang menciptakan siswa-siswi yang memiliki kualitas intelektual tinggi serta mempunyai moral, akhlak dan budi pekerti yang luhur.

Nurchalis tidak bisa membayangkan bagaimana seandainya yang menguasai dunia maya justru berasal dari orang yang tidak bertanggung jawab. Pesantren akan berkomitmen akan menghiasi internet dengan ayat-ayat Al-Qur'an dan wacana keislaman. 

Teknologi sebenarnya netral. Tergantung si penggunanya, tutur alumnus Fakultas Tarbiyyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini berdalih.

Nurcholis menjelaskan penguasaan sains dan teknologi merupakan satu dari lima pilar yang dimiliki Pesantren Almanar Azhari. Sedangkan empat pilar lainnya adalah hafal al-Qur'an, menguasai Bahasa Arab dan Inghris, memahami dengan benar ilmu syariah Islamiyyah, dan berakhlakul karimah.

Sumber Rujukan;
Buku Kekhasan Pendidikan Islam Indonesia (Pondok Penastren Almanar Depok), Pengantar; Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama RI.


0 Response to "Santri Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel